SAP Senam Hamil

Standar

SATUAN ACARA PENDIDIKAN KESEHATAN

Topik Pembicaraan : Pemenuhan Kebutuhan Zat Besi dan Asam Folat Pada Ibu Hamil
Sasaran : Ibu hamil
Waktu : 20 menit, April 2009
Tempat : Desa Gemawang

TUJUAN PEMBELAJARAN

A. TUJUAN UMUM
Setelah mendapatkan pendidikan kesehatan pentingnya pemenuhan zat besi dan asam folat pada ibu hamil, ibu hamil dapat menerapkannya

B. TUJUAN KHUSUS
Setelah mendapatkan penjelasan selama 20 menit:
1. untuk menjelaskan definisi zat besi dan asam folat
2. untuk menjelaskan makanan apa saja yang mengandung zat besi dan asam folat
3. untuk menjelaskan pentingnya zat besi dan asam folat bagi ibu hamil

C. MATERI PEMBELAJARAN (terlampir)

D. METODE PEMBELAJARAN
1. ceramah
2. Tanya jawab

E. ALAT PERAGA
1. leaflet, yang berisi penjelasan dan gambar makanan yang tinggi zat besi dan.asam folat.
2. alat-alat dan bahan sebagai contoh yang dipersiapkan adalah jeruk dan daun sayuran warna hijau, serta padi-padian (asam folat), kacang polong dan padi-padian(zat besi).

F. EVALUASI BELAJAR
Evaluasi akan dilakukan selama proses berlangsung dan setelahnya.
Bentuk evaluasi:
pertanyaan lisan
a. Apakah yang dimaksud dengan zat besi dan asam folat?
b. Bagaimana pemenuhan kebutuhan zat besi dan asam folat pada ibu hamil?
c. Sebutkan akibat kekurangan zat besi dan asam folat pada ibu hamil!
d. Sebutkan contoh sumber makanan yang mengandung zat besi dan asam folat !

G. REFERENSI
Ibu sehat anakpun sehat, Kanwil Depkes propinsi Jawa Tengah, Proyek Perbaikan Gizi Jateng, 1992-1993

http://forum.kotasantri.com

http://www.gizi.com

http://www.miisonline.org

Magelang, April 2009

LAMPIRAN MATERI
PEMENUHAN KEBUTUHAN ZAT BESI DAN ASAM FOLAT PADA IBU HAMIL

ZAT BESI DAN ASAM FOLAT
Zat Besi
Zat besi adalah komponen utama hemoglobin, yaitu bagian darah yang mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh anda dan bayi. Suplementasi zat besi semasa hamil terbukti membantu mencegah defisiensi zat besi.
Asam Folat
Asam folat adalah bentuk dari vitamin B yang larut dalam air. Asam ini terdapat secara alamiah dalam makanan dan dapat juga dimakan sebagai suplemen. Nama “folat” berasal dari kata bahasa Latin folium (daun). Asam folat dikategorikan klas A artinya aman dikonsumi oleh ibu hamil, malahan wajib dikonsumsi oleh wanita yang ingin hamil dan ibu hamil selama trimester pertama. Asam Folat penting dalam membantu pembelahan sel dan dapat mencegah Anemia, menurunkan resiko terjadinya NTD (Neural Tube Effects) juga sebagai antidepresan.

PEMENUHAN KEBUTUHAN ZAT BESI DAN ASAM FOLAT PADA IBU HAMIL
 Di anjurkan pada ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi antara lain, daging sapi, hati, kacang polong dan padi-padian. Selain itu juga mengkonsumsi 27 mg zat besi setiap hari, yaitu 50% diatas kebutuhan normal dan mengkonsumsi suplemen yang memberikan 30 mg zat besi per hari karena mineral ini sukar sekali terpenuhi melalui makanan.
 Pemenuhan kebutuhan asam folat tidak hanya pada saat hamil tapi juga sebelum hamil. Tiga bulan sebelum hamil sebaiknya wanita mengkonsumsi asam folat sebanyak 600 ug per hari. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan usia subur sebanyak 400 mikrogram/hari atau sama dengan 2 (dua) Gelas Susu. Kebutuhan akan folat ini bisa dipenuhi dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran hijau dan buah-buahan segar, tapi karena 80 persen folat hilang selama proses pemasakan, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang kaya folat seperti semangka, kiwi, dan pisang atau suplemen folat yang banyak dipasaran.

AKIBAT KEKURANGAN ZAT BESI DAN ASAM FOLAT PADA IBU HAMIL
Akibat kekurangan zat besi pada ibu hamil :
Kekurangan zat besi dapat menyebabkan gejala anemia pada ibu hamil, yang akan berdampak fatal pada bayi yang dikandung seperti : kematian embrio, kematian perinatal atau kematian bayi setelah lahir tujuh hari hidup, bayi lahir dengan berat rendah serta bayi dapat mengalami cacat bawaan bahkan kematian. Sedangkan pengaruh fatal bagi ibu hamil akibat anemia adalah abortus atau keguguran, persalinan lama karena rahim tidak kontraksi, pendarahan setelah melahirkan, syok pada ibu, infeksi pada saat persalinan, bahkan gagal jantung.
Akibat kekurangan asam folat pada ibu hamil :
Kekurangan asam folat pada ibu hamil akan menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang, bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi lahir dengan berat badan rendah, Down’s Syndrome, dan keguguran, bayi mengalami kelainan pembuluh darah, rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah sehingga menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya..
Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil, anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. Pada anak perempuan, saat dewasa tidak mengalami menstruasi. Pada ibu hamil, kekurangan asam folat menyebabkan meningkatnya resiko anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu dan pucat.

SUMBER MAKANAN YANG MENGANDUNG ZAT BESI DAN ASAM FOLAT
 Zat Besi dapat di peroleh dari daging merah, roti gandum, kacang-kacangan, sereal, sayuran hijau dan jus jeruk
 Asam folat dapat ditemukan pada susu, telur, ragi (vegemite) dan makanan yang di perkaya asam folat (nasi, pasta, kedelai, cereal) juga pada sayuran berwarna hijau dan buah-buahan berwarna jingga dan merah seperti semangka, jeruk, pisang, kiwi, nanas, alpukat, asparagus dan brokoli. Kebutuhan akan folat ini bisa dipenuhi dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran hijau dan buah-buahan segar, tapi karena 80 persen folat hilang selama proses pemasakan, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang kaya folat seperti semangka, kiwi, dan pisang atau suplemen folat yang banyak dipasaran

About these ads

About chinue

chinue, itu namaku... sebenernya sih bukan nama asli,itu pemberian sobat2Q SMA nama dari ortu SRiBAginda Ratu Nur Ajeng Hapengestu Asih HAndayani... panjang banget t?? Q lahir di Needcity, Purworejo town tepatnya tanggal 6 September 90, sama kaya John Dalton penenmu struktur atom pertama lho... hwekekekekek....

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s