Trip to Banyuwangi-Bali Barat

Standar

Bismillahirrahmanirrahim..

Ini adalah catatn kecil perjalanan ke Banyuwangi dan Bali Barat. Tujuan piknik kita kali ini adalah Kawah Ijen di Banyuwangi dan Pulau Menjangan di Bali Barat. Kita berangkat dari Madiun menggunakan kereta, satu-satunya kereta tujuan Banyuwangi dari Jogja ataupun Madiun adalah Sritanjung. Berangkat pukul 10.15 dan sampai di St.Karangasem pukul 21.00. Gausah bingung penginepan dan sewa motor, di depan stasiun banyak homestay murah plus penyewaan sepeda motor.

Perjalanan pertama menuju Kawah Ijen, kita dijemput di stasiun sekitar jam 01.00 dikarenakan pintu masuk kawah baru dibuka pukul 03.00. Saat itu kebetulan ada gas beracun yang keluar, biasanya sii dibuka jam 01.00 buat ngeliat blue fire yang konon katanya turis-turis bilang lebih bagus dari blue fire yang ada di Norwegia. Dalam satu rombongan mobil ada 6 orang, dan isinya bule semua. Bahkan dari serombongan trip kita ada 11 orang, cuma saya sama suami yang orang Indonesia. Untuk mencapai kawah ijen, kita harus tracking 3km yang terdiri dari tanjakan, tanjakan curam dan kadang dapat bonus jalan datar sekitar 200m. Kamar mandi, warung atau tempat shalat terakhir ya 3km itu dari puncak, jadi pastikan kalian bawa perlengkapan makanan, minuman dan alat shalat bagi muslim. Berhubung kita adalah pemula, kita baru sampai atas sekitar pukul 05.00, blue fire nya udah ga keliatan, tapi tetep asiik.

3.ijen4.ijen5.ijen

Habis dari Kawah Ijen kita jalan ke Air Terjun Jagir.

6.airterjunjagir

Trip selesai sekitar pukul 10.00, kita di anter ke homestay, kita istirahat sebentar langsung lanjut jalan-jalan muter-muter kota sama cari makan. Kuliner paling terkenal di Banyuwangi adalah pindang koyong, semacam sup ikan bahannya ikan pari, rasanya ga kayak ikan pari kebanyakan. Pindang koyong rasanya juicy banget, ga kerasa ikan parinya.

10.pindang

Taman Sri Tanjung, tempat nongki orang-orang Banyuwangi.

8.taman

Taman Blambangan, pada malam-malam tertentu ada pagelaran di sini.

9.taman

Masjid Agung Banyuwangi.

7.masjidagung

Paginya, kita jalan-jalan ke pantai. Saat itu rencana ke pantai Boom, cuman berhubung pantainya lagi dibangun proyek pelabuhan kapal pesiar akhirnya kita menelusuri sepanjang pantai dan  alhasil nemu pantai yang namanya antah berantah ahihi..Dari pantai ini kita bisa melihat sunrise (bagusnya bulan Juni-Juli), pelabuhan Gilimanuk, Gunung Agung Bali dan feri-feri yang bersliweran Banyuwangi-Bali.

12.sunrise11.pantai

Sekitar pukul 07.00 kita bernagkat ke Grand Watudodol, sebenernya sih janjian jam 09.00 tapi berhubung meraba jalan dan Cuma berbekal G-Maps kita berangkat lebih awal. Sampai di Grand Watudodol kepagian, kita jalan-jaln dulu di Pantai Kampe sama lewat Bangsring (kalo mau berenang sama hiu disini).

13.pantaikampe

Di Grand Watudodol kita main-main sebentar di pinggir pantai, untuk selanjutnya bersiap snorkling di Menjangan.

14.gwd15.gwd21.snorkling

Ada Pura Ganesha.

19.puraganesha

Snorkling. Whats a beautiful Indonesia!! Berasa berenang di akuarium. Banyak terumbu karang, ikan hias warna-warni. Buat yang ga bisa berenang macam saya, gausah takut, ada life jacket sama peralatan snorkeling kok. Sayang kita lupa ga bawa kamera waterresist jadi ga bisa mengabadikan foto underwater.

16.perjalanan17.pulau18.pulau20.pulaupribadi

Pulau Menjangan, pulau tak berpenghuni dan banyak kijang disini.

Selesai snorkling, udah capek, sore, dan arus yang sudah mulai deras, kita berlabuh di GWD sekitar jam 15.30. lanjut pulang ke homestay. Dan malamnya nyari oleh-oleh Bagiak di Osing Deles.

Trip selesai, kembali ke Madiun menggunakan kereta esok paginya..

1.st.karangasem

Next trip??

Madiun, 13 Rajab 1438 H / 10 April 2017.

Iklan

Midnight Trip To Bromo

Standar

Bismillahirrahmanirrahim..

Bromo, si cantik nan rupawan yang begitu memikat para penikmat alam termasuk saya untuk berkunjung kesana. Sudah sejak tahun 2011an saat saya masih kuliah di Magelang, saya beserta teman-teman berencana ke Taman Nasional ini, tetapi baru diberi kesempatan tahun ini, November 2016 (5 tahun dalam penantian ahihi)

Untuk ke sana banyak alternatif transportasi yang bisa digunakan, saya memilih untuk ikut open trip (berhubung hanya 2 orang) dan menurut saya open trip ini nyamanlah untuk cewek2 macam saya. Satu kelompok open trip berisi 6 orang yang pada awalnya kita ga kenal. Open trip bisa dicari di web, banyak kok yang nawarin. Kemarin saya memutuskan untuk pakai open trip BromoTrans (yang paling murah ahihi) dengan meeting point di Malang dengan menggunakan mobil jeep.

Malang-tengah malam-kami dijemput di Alun-alun dan kemudian sekitar jam 01.00 menuju ke Bromo. Sekitar jam 03.30 kami sampai di penanjakan sunrise, di sambut bukit bintang dengan landscape lampu kota yang seperti rasi bintang pindah ke bumi, selama perjalanan untuk menghemat tenaga kami tidur ahihi jadi gatau lewat mana aja, capek juga soalnya sebelumnya melakukan perjalanan dari Madiun menggunakan travel yang hampir 6 jam.

Sunrise waktu itu sekitar jam 5an, tetapi para sunrise hunter sudah berjajar di gardu pandang. Berhubung weekend maka lebih ramai dari biasanya, turis manca dari berbagai negara dan turis domestik dari berbagai daerah bejibun ngumpul jadi satu. Alhasil kita piknik cendol, mau foto harus antri dan jangan harap foto kita bersih dari yang namanya manusia selfie ahihi

November adalah musim penghujan di Indonesia, di langit sunrise tampak malu-malu tertutup awan tipis sedangkan saat memandang ke bawah, kami serasa berada di negeri atas awan. Bromo, Bathok, Semeru tertutup awan di kaki-kaki mereka menambah keanggunan.

1-sunrise

2-sunrise

Jam 06.00 kami turun ke tempat parkir jeep untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan trip ke Bukit Cinta. Bukit Cinta adalah semacam pertemuan dua kaki bukit yang memberikan view terbaik dari Bromo Tengger Semeru. Di bukit cinta ini kami hanya sebentar, selanjutnya menuju Midodaren.

 

3-love_hill

4-love_hill

Midodaren, adalah tempat padang rumput yang dikelilingi oelh pegunungan-pegunungan kecil. Banyak ilalang-ilalang liar tumbuh dengan tipe tanah campran antara tanah dan pasir hasil erupsi bromo.

6-midodaren

5-midodaren

Puas di Midodaren, kita lanjut ke Kawah Bromo. Dari tempat parkir sampai kawah berjarak sekitar 5km an, jalan lurus sekitar 2,5km dan mendaki sekitar 2,5km, semuanya jalan pasir. Untuk yang ga mau capek, ada fasilitas kuda yang biayanya sekitar 100k untuk pergi-pulang, tapi hanya sampai sebelum tangga. Untuk naik tangga harus pakai kaki sendiri.

7-bathok

8-kawah

9-tangga_kawah

Next, pasir berbisik. Kenapa dinamakan pasir berbisik?Karena katanya saat tertiup angin terdengar bunyi gemerisik dari pasir-pasir itu. Berhubung habis hujan maka saat sampai di sana tak ada pasir berbisik, adanya pasir menguap ahihi..Justru malah tampak seperti kepulan asap yang keluar dari bawah tanah.

10-pasir

11-pasir

The last but not the least, Bukit Teletubies tanpa Teletubies. Merupakan padang rumput berbukit-bukit.

12-teletubies

13-teletubies

Tinggal jalan pulang setelah puas berfoto kesanakesini, dan mendarat dengan selamat di Malang sekitar jam 14.00 untuk selanjutnya perjalanan pulang ke Madiun.

Sekian perjalanan yang cukup menguras tenaga, dan bersiap kembali untuk perjalanan-perjalanan berikutnya.

Rumah Allah, bismillah insyaaAllah di waktu yang tepat, tak pernah terlalu cepat dan tak pernah terlambat.

Madiun, 14 Shafar 1438 H (15 November 2016)

Hujan dan Teduh

Standar

Kepadamu, aku menyimpan cemburu dalam harapan yang tertumpuk oleh sesak dipenuhi ragu.

Terlalu banyak ruang yang tak bisa aku buka.

Dan, kebersamaan cuma memperbanyak ruang tertutup.

Mungkin, jalan kita tidak bersimpangan.

Ya, jalanmu dan jalanku.

Meski, diam-diam aku masih saja menatapmu dengan cinta yang malu-malu.

Aku dan kamu, seperti hujan dan teduh.

Pernahkah kau mendengar kisah mereka?

Hujan dan teduh ditakdirkan bertemu tetapi tidak bersama dalam perjalanan.

Seperti itulah kita.

Seperti menebak langit abu-abu.

Mungkin, jalan kita tidak bersimpangan.

 

_wulan dewatra dalam novel Hujan dan Teduh_

Belajar Qana’ah Belajar Bersyukur

Standar

Bismillahirrahmanirrahim..

Ini bukan untuk siapa-siapa, ini kata-kata untuk diri saya sendiri, sebagai pengingat agar selalu bersyukur atas nikmat Allah sebagai pengingat agar diri ini selalu merasa cukup, selalu bersyukur dan tidak kufur nikmat.

Uang, adalah sesuatu yang dapat digunakan sebagai alat jual beli. Semua orang butuh uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, termasuk saya. Tapi apa semuanya bisa dibeli dengan uang?

Rejeki Allah disebar diseluruh bumi untuk makhlukNya, kita manusia diwajibkan berikhtiar untuk menjemput rejeki tersebut. Terkadang saya merasa tertohok, jika saya merasa kurang atas apa yang saya terima, banyak diluar sana yang menerima lebih sedikit dari saya padahal mereka lebih bermanfaat bagi orang lain. Sementara saya?? Sudah diberi lebih dari cukup tapi terkadang tetap merasa kurang. Di luar sana, banyak saudara-saudara saya yang berjuang demi kemanuasiaan tanpa imbalan sepeser pun. Sedangkan disini?? Saya terkadang terlalu menghitung tiap detil yang saya lakukan dikonversikan dengan nilai rupiah.

Astaghfirullahal’adzim..

Padahal seperti yang kita tahu, didalam rejeki yang kita terima ada sebagian hak orang lain, hak orang-orang yang membutuhkan. Dan nikmat Allah itu tak melulu hanya materi. Hidup sehat dan waktu luang adalah nikmat Allah yang sering kita sia-siakan. Dengan hidup sehat kita bisa menghirup oksigen dengan bebas tanpa harus membayar beratus-ratus ribu hanya untuk beberapa liter, kita bisa bernafas spontan tanpa bantuan ventilator yang biaya sewanya berjuta-juta dan lain sebagainya.

Lihatlah di panti asuhan luar biasa, mereka berkebutuhan khusus, ada yang tak bisa melihat indahnya dunia, bahkan kan bisa melaihat wajah mereka sendiri. Hanya ada gelap dan terang, sedangkan aku??kita?? Mereka yang terlahir tak sempurna, tak dapat berjalan atau tak memiliki tangan yang sempurna, mereka tetap bertahan hidup dan bresyukur dengan terus belajar ketrampilan berpuluh-puluh kali lipat lebih keras dari manusia normal, sedangkan aku?kita??

Waktu berkumpul dengan keluarga lengkap dengan tenang tanpa ada gangguang suara bom atau tembakan seperti yang dialami saudara kita di Timur Tengah, tidak harus dengan tiba-tiba kehilangan sanak keluarga dan semua hartanya dikarenakan musibah longsor atau gempa atau yang lainnya. Teman-teman yang baik, yang selalu mengingatkanmu akan Allah dan surga, juga termasuk nikmat Allah yang tak tergantikan. Sudahkah bersyukur??

Faabiayyialaa irabbikummatukadziban..Maka nikmat Tuhan manakah yang kau dustakan??

Kita terkadang memandang hidup orang lain lebih enak, rumput tetangga lebih hijau, padahal hidup kita bisa jadi hidup yang diinginkan orang lain. Orang yang bekerja jauh dari keluarga merasa iri melihat orang yang dekat dengan keluarga, padahal diluar sana ada banyak orang yang tidak bekerja ingin bekerja. Orang yang berpenghasilan 1juta merasa iri dengan yang berpenghasilan 2juta, pdahal banyak orang dengan penghasilan hanya seratus ribu. Dan masih banyak lagi yang lainnya.  Jika kita bersyukur, insyaaAllah akan ditambah nikmat kita, itu janji Allah dan janji Allah itu pasti.

Ya Allah, ampuni hamba yang kadang kurang bersyukur atas nikmatMU.

Ya Allah, jadikan kami hambaMU yang selalu merasa qana’ah atas setiap rejekiMU. Jadikan kami hamba yang ikhlas dalam menerima setiap takdirMU.

Ya Allah, jangan jadikan hamba sebagai orang yang mendzalimi saudaranya hanya karena mengejar rupiah, jabatan, dan duniawi lainnya.

Astahgfirullahal’adzim alladzilaailaahailla huwalkhayyulqayyum wa atubuilaaih..

Rabbana atinafiddunya khasanah, wafil akhiratikhasanah waqina ‘adzabannar.

Subkhana rabbika rabbil’izzati ‘ammayasifun walamaun’alalmursalin walkhamdulillahirabbil’alamiin.

 

Madiun, 16 Syawal 1437 H

Resep Pisang Aroma Ala-ala

Standar

Bismillahirrahmanirrahim.

Buah pisang dengan sejuta manfaat dapat dibuat berbagai macam camilan, ini salah satu camilan awet buah pisang. Pisang aroma adalah makanan khas Temanggung Jawa Tengah, saat main ke rumah teman disana saya menjumpai banyak home industri pisang aroma ini. Orang tua teman saya salah satunya. Di rumah saya banyak sekali buah pisang, daripada mubazir dan bosan jika dibuat itu-itu saja dan kebanyakan jenis makanan basah yang tidak awet maka saya buat pisang aroma saja. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan :

  1. Sale pisang dari 5 buah pisang, dapat dibuat dengan cara mengiris tipis-tipis pisang jenis pisang apa saja yang ada, saya pakainya pisang asem, kdang pisang uter, kadang pisang kapok, seadanya pokokna mah. Setelah itu dijemur dibawah matahari kurang lebih 2 hari sampai warnanya berubah coklat.
  2. Kulit lumpia 15 lembar, bisa bikin sendiri atau beli jadi di tukang sayur. Saya biasanya beli jadi, praktis 1 bungkus isi 15 lembar harga 3rb an ahehe
  3. Gula pasir secukupnya, sekitar 50gr cuma untuk taburan.
  4. Telur 1 butir pakai putihnya aja, dipakai untuk lem kulit lumpia agar tidak lepas saat digoreng.
  5. Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat :

  1. Sale pisang 3 biji di jajar di atas kulit lumpia.
  2. Taburi dengan gula pasir sedikit saja.
  3. Gulung kulit lumpia, lem dengan putih telur.
  4. Potong-potong sekitar 2cm.
  5. Goreng sampai keemasan dengan api sedang.
  6. Tiriskan dan siap dihidangkan.

Gampang kan, sambil merem juga bisa. Rasanya lebih renyah dibanding yang dijual di toko oleh-oleh karena kulitnya dari kulit lumpia. Bisa jadi tambahan penghasilan kalau memang ditekuni. Apalagi sekarang ini mau lebaran.

Selamat mencoba ummi ^^

_Sya’ban 7th 1437_

photo0245 (2)

Yuk Berhijab!

Standar

Bismillahirrahmanirrahim..

Semoga kita senantiasa dilindungi, dirahmati dan diridhoi Allah SWT.

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata-kata hijab, jilbab, kerudung, khimar. Banyak sekali tulisan-tulisan yang mengajak untuk berhijab, saya disini hanya salah satunya, yang semoga dengan tulisan ini akan ada saudari muslimahku yang belum berhijab terketuk hatinya untuk berhijab, dan menambah timbangan kebaikan aamiin. Saudariku muslimah, hijab itu wajib hukumnya. Allah sendiri yang memerintahkan kita berhijab dalam Al-Quran diantaranya surat An-Nur ayat 31 dan Al-Ahzab ayat 59 yang berbunyi :

An-Nur ayat 31 :

  1. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau Saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

 

Al Ahzab ayat 59 :

  1. Hai nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Jadi hukumnya wajib bagi wanita muslim yang sudah baligh, hukum wajibnya sama dengan shalat, puasa ataupun zakat. Jadi yang belum berhijab, tunggu apalagi?? Saya disini hanya sebagai penyampai ayat Allah, untuk hidayah memang kembali ke masing-masing individu. Allah memberi hidayah kepada yang Dia kehendaki, dan menutup hati seseorang yang Dia kehendaki. Semoga kita semua termassuk orang-orang yang diberi hidayah,tapi jangan dilupakan bahwa hidayah itu harus dijemput, tidak hanya ditunggu.

Terkadang alasan seseorang belum berhijab adalah merasa dirinya belum baiklah, jadi tembemlah, gak penteslah, apalah. Padahal diatas sudah dijelaskan hijab itu kewajiban bagi muslimah. Seorang muslimah berhijab memang belum tentu baik, tetapi muslimah yang baik pasti berhijab. Justru dengan hijab itu membuat kita menjaga sikap dan berbuatan kita. Itu perintah Tuhan, masa iya mau ga sholat atau ga puasa wajib karena merasa belum baiklah, belum siaplah atau apalah.

My sister, hijab itu sebagai bentuk kecintaanmu pada Rabbmu dan Rasulmu, bentuk kecintaanmu pada ayah dan saudara laki-lakimu, dan untuk yang sudah menikah sebagai bentuk kecintaanmu pada suamimu. Hijab itu melindungimu, banyak kan eksperimen yang sudah dilakukan berbagai peneliti salah satunya membandingkan seorang wanita tidak memakai hijab dan yang memakai hijab, dimana seorang yang memakai hijab tidak diganggu saat melewati kerumunan berandal-berandal di New York.

Setelah engkau memakai hijab maka sempurnakanlah hijabmu, hijab yang tidak menampakkan lekuk tubuh, hijab yang menutup dada, hijab yang tidak nerawang, hijab yang tidak berlebih-lebihan dan hijab tanpa punuk unta. Sekarang ini banyak model-model hijab yang melilit-lilit, kuntel sana-kuntel sini, ahehe..kalo menurut saya pribadi, saya kurang suka soalnya gak bisa, ribet dan takut tabbaruj. Bayangin aja mau pergi butuh waktu yang lebih lama buat kuntel-kuntel, habis itu kalo tiba waktu sholat, nglepas sm benerin laginya susah. Dulu waktu pertama-tama memakai hijab, saya juga masih memakai hijab yang belum sesuai syariat, tapi lama-kelamaan saya merasa kok lebih nyaman menggunakan hijab yang syar’i. Risih rasanya misal pake celana kelihatan lekuk tubuh, pake jilbab ga nutup dada hingga terlihat lekuk dada. Astaghfirullahal’adzim..

Butuh hidayah memang untuk memakai hijab syar’i, tak semudah membalikkan halam buku. Banyak tantangan yang harus diterima, mulai dari tempat kerja, lingkungan sekitar dan lain-lain. Banyak yang menganggap pake jilbab besar termasuk aliran-aliran fanatik, ada yang menganggap memakai rok itu ribet, ada yang beranggapan berhijab syar’i itu kayak emak-emak dan ga fashionable, secara wanita itu selalu ingin tampil cantik. Tebel-tebelan kuping ajah ahehe, Rasulullah aja pas dakwah dapet hujatan, diludahi, dilempar kotoran samapai mau dibunuh, kalo cuma dicibir atau dinyinyiri mah lewaat.

Jika kalian takut tak akan dapat jodoh jika berhijab atau berhijab syar’i maka kalian salah. Allah telah berjanji di surat An Nur bahwa laki-laki yang baik diperuntukkan untuk perempuan yang baik. Janji Allah itu haqqulyakin pasti.

Saudariku para muslimah yang belum berhijab, yuk kita sama-sama melaksanakan kewajiban berhijab. Dan yang sudah berhijab, yuk kita sama-sama memperbaiki hijab kita dan akhlak kita. Dan untuk yang sudah baik semoga selalu istiqomah aamiin.

Subhanakarabbi’izzati’ammayasifun wasalamun’alalmursalin walhamdulillahirabbil’alamin.

Madiun, 11 Jumadilakhir 1437 H / 21 Maret 2016

Kun Anta – Humood AlKhuder

Standar

Translate

Ketika ingin bersaing dengan yang lain, aku ingin meniru perwatakan luar dan dalamnya.

Jadi aku boleh jadi seorang yang lain hanya untuk berbangga.

dan aku sangka jika aku lakukan seperti itu aku akan dapat kelebihan.

Tetapi yang kuperoleh hanyalah kerugian di atas perwatakanku ini.

Kita tidak memerlukan harta untuk menambahkan kecantikan, kecantikan dari dalam (jauhari) ada di sini di dalam hati ia bersinar.

kita tidak perlu memandang pandangan orang lain untuk apa yang tidak ada, yang tidak sesuai dengan kita, itulah kecantikan kita. semakin bertambah hingga ke atas.

Jadilah diri kamu sendiri pasti akan menambahkan lagi kecantikan yang sedia ada.

Sungguh aku menerima mereka tetapi tidak pula aku meniru perwatakan mereka melainkan apa yang aku terima itu aku telah redha.

aku ingin menjadi seperti diri aku sendiri inilah aku.

hal ini kurasakan sudah cukup dan aku sangat pasti.

Aku akan jadi mengikut kemampuan diriku aku tidak perlukan orang lain menerimaku.

aku akan jadi apa yang aku suka kenapa aku perlu peduli tentang penerimaan mereka terhadapku.

Sumber : thethumbpost