Buat yang ingin jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), kalo sekarang namanya Aparatur Sipil Negara (ASN)

Standar

Bismillahirrahmanirrahim..

Banyaknya pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada setiap ada bukaan formasi menunjukkan PNS masih menjadi favoritdi masyarakat. Banyak yang mencoba berkali-kali padahal tiap tahun biasanya hanya ada 1x ujian tulis untuk menjadi PNS. Menurut saya semua pekerjaan itu mulia asalkan halal J, saya sendiri mengikuti tes ini untuk pertama kalinya pada tahun 2012 di Pemprov Jatim namun belum berhasil. Kemudian ikut lagi pada tahun 2013 alhamdulillah diterima di 2 tempat yaitu Pemprov Jatim dan Kemenkes RSUP Sardjito Yogyakarta, yang saya ambil Pemprov Jatim soalnya kalo ngundurin diri di denda 50jt, toh besok-besok bisa pindah..Buat pengalaman juga, abis jadi Urang Bandung jadi Arek Suroboyoan J

Untuk yang bertanya-tanya bagaimana tips agar lolos tes CPNS saya akan berbagi sedikit kepada kalian.

  1. Niat

“Innamal a’malu bin niyat” segala sesuatu berasal dari niat. Untuk tes pertama saya jujur saya ga niat, di dalam hati cuma ingin coba-coba, kayak apa sih tes CPNS yang diikuti banyak orang tapi banyak yang gagal. Tes yang kedua kalinya sudah saya niatkan saya pingin pindah tempat kerja, yang sebelumnya di Puskesmas Kabupaten Bandung, niatnya pengen pindah yang lebih deket sama ibuk bapak ahehe.. Waktu itu ada beberapa instansi yang membutuhkan bidan, saya daftar di Pemprov DKI (alokasi 88, saya gagal di TKB, saya kira waktu itu TKB isinya tentang kesehatan tapi justru psikotes), Pemprov Jateng (alokasi 8, belum rejekinya), Pemprov Jatim (alokasi 22) dan Kemenkes RI (alokasi 5). Kebetulan jadwal tesnya ga bebarengan, menggunakan sistem CAT (Computer Assist Test), hanya Kemenkes yang menggunakan LJK (Lembar Jawab Komputer).

Niat banget kan, bayangin aja dari Bandung ke Jakarta, Bandung ke Yogyakarta, Bandung ke Semarang lanjut ke Surabaya..Jalan-jalan man!

  1. Usaha Belajar

Banyak sekali latihan soal CPNS yang dijual dimana-mana, yang lewat online juga seabreg (salah satunya yang ada di web saya ini, saya pake itu untuk yang dari internet). Soal CPNS dari tahun ke tahun kebanyakan sama, isinya ya itu-itu saja. Tes Intelegensia Umum (TIU) isinya kayak psikotes, numerik bilangan aljabar, logika matematika, rumus geometri matematika, pokonya banyak matematikanya, jadi harus banyak belajar/latihan ngerjain. Ada juga verbal, isinya sinonim, antonim, bahasa indonesia. Tes Kewarganegaraan (TWK) isinya UUD’45, Pancasila, Sejarah Indonesia, sejarah dunia, banyak baca buku, hafalin UUD’45. Dirangkum soal sama jawaban jadi gausah buka-buka buku banyak, materi tentang sejarah tuh yang seabrek diringkas jadi mudah diingat. Kemudian Tes Kepribadian (TKP) isinya masalah kepribadian kita, kalo yang ini isi aja yang baik-baik yang mencerminkan percaya diri, inovasi, disiplin, tanggung jawab, kejujuran, dedikasi, nilai tertinggi 5 terendah 1 jadi tiap jawaban dapet nilai.

  1. Doa

“Tidak ada yang dapat menolak takdir kecuali doa” (HR. Akhmad, at.Tirmidzi dari Ibnu Majah). Mendekatkan diri kepada Allah SWT, mohon petunjuk dan semoga mendapatkan yang terbaik. Kalo ditanya apa ada amalan2 khusus? Jawaban saya : tidak ada, pas tes CPNS yang pertama saya disiruh baca surah Al Kautsar berapa kali gitu lupa, saya cari hadisnya ga nemu, tapi toh yang pertama ga lulus ahehe..Karena merasa “wah kok ga lulus yaa” dari situ saya mulai memperbaiki diri, lebih mendekat kepada Allah SWT, belajar beribadah dengan IKHLAS, saya yang butuh Allah, belajar lebih mencintaiNYA, belajar istiqomah, belajar berusaha meletakkan dunia di tangan dan akhirat di dalam hati, belajar menjaga hati agar tidak rusak oleh penyakit hati, pokoknya belajar menjadi hambaNYA..

Itu sih sebetulnya yang paling utama, untuk faktor lain yang mendukung misalnya saya percaya pada kekuatan pikiran. Tekatkan dalam hati “Saya Bisa”, “You are what you think” jadi berpikirlah positif, yakinlah pada kekuatan mimpi..Man jadda wajada “Siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil” banyak-banyak sahirul lail atau qiyamul lail, curhat sama Allah, mendekati Sang Maha Pencipta mohon ampun atas segala kesalahan, karena terkadang terhalangnya doa belum dikabulkan adalah karena dosa-dosa kita. Man shabara shafira “Siapa yang sabar akan beruntung” ilmu sabar, syukur, ikhlas itu sulit sekali, sabar bukan hanya diam tetapi berusaha semampu kita untuk kemudian bertawakal kepada Allah SWT, “Bersyukurlah maka akan Ku tambah Nikmatmu” sering kan kita mendengar hal tersebut, kemudian “Ikhlaslah maka Allah akan mengganti dengan yang lebih baik” insyaAllah.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Subhanaka allahumma wabihamdika asyhaduallaila hailla anta astaghfiruka wa atubuilaik

About chinue

just simple girl who wanna be happy dunya wal akhiroh, seorang anak dari orang tua yang sangat ingin saya bahagiakan, seorang kakak yang kadang justru manja dengan adiknya, seorang teman, seorang sahabat yang selalu merepotkan, dan seorang hamba Allah yang terus belajar bagaimana menjadi hambaNYA sesuai dengan tuntunannNYA.

Tinggalkan Balasan

