Belajar Meluruskan Niat

Standar

Bismillahirrahmanirrahim.

  1. Saya meminta kekuatan, dan Allah memberi saya kesulitan untuk membuat saya kuat.
  2. Saya bertanya tentang kebijaksanaan, dan Allah memberi saya masalah untuk diselesaikan.
  3. Saya meminta untuk kemakmuran, dan Allah memberi tenaga untuk bekerja.
  4. Saya meminta keberanian, dan Allah memberi saya bahaya untuk diatasi.
  5. Saya meminta cinta, dan Allah memberi saya orang-orang yang bermasalah untuk dibantu.
  6. Saya meminta nikmat, dan Allah memberi saya peluang.
  7. Saya tidak meminta apa-apa untuk diri saya, tetapi saya menerima semua apa yang saya butuhkan.

_Shalahuddin Al-Ayubi_

Terkadang saya heran, kebanyakan orang masih suka bertanya ‘Puasa biar cepet dapat jodoh ya, shalat malam biar A, B, C atau biar dapat apa?’ ‘Dapat kerja enak amalannya apa sih?’ Hei itu semua terlalu kecil jika dibandingkan dengan ridho Allah, terlalu sempit dan berpikir dunia.

Yuk mari kita sama-sama belajar meluruskan niat, beribadah hanya untuk Allah. Segala sesuatu yang kita lakukan semata-mata hanya untuk menggapai ridho Allah. Bekerja untuk beribadah kepada Allah, rejeki yang berupa gaji itu bonus. Dan selalu ingat bahwa di dalam harta kita ada harta yang menjadi hak orang lain. Belajar bukan untuk mendapat nilai tinggi, tapi diniatkan agar kita bisa dan dapat dapat mengamalkan ilmu yang kita dapat di jalan Allah.

Pun sama saat kita membantu sesama, meringankan bebannya. Bukan semata-mata ingin mendapat pujian atau agar orang itu cinta kepada kita. Hal itu terlalu sempit dan kecil jika dibanding dengan ridho Allah. Coba kita bandingkan, jika kita membantu sesorang dan mengharap pada sesorang itu seringkali kita banyak medapat kekecewaan, tetapi jika kita ikhlas lillahita’ala maka dengan membahagiakan orang lain justru menambah kebagaiaan kita. Muslim adalah seperti satu kesatuan anggota badan, jika salah satu anggota badan sakit maka yang lain ikut merasakan sakit. Untuk itulah sesama muslim wajib saling membantu dalam kebaikan, saling meringankan beban hidup.

Lakukanlah kebaikan sekecil apapun, karena kita tidak tahu kebaikan mana yang akan menuntun kita ke surga.

Niatkan semua lillahita’ala.

Susah memang, tetapi mudah-mudahan kita semua dimudahkan menjadi hamba Allah, menjadi agen muslim yang baik. Karena jika kita meniatkan segala sesuatu yang kita lakukan karena Allah, maka insyaAllah akhlak kita dengan sendirinya akan menjadi baik..aamiin

Meneladani akhlak Rasulullah, manusia paling mulia di muka bumi ini. Mencontoh perilaku sahabat-sahabat beliau, semoga kita semua dimudahkan aamiin. Sekarang saatnya kita muhasabah diri, sudahkah niat kita lurus lillahita’ala?? Yang paling tahu adalah diri kita sendiri, jika belum maka mari kita belajar luruskan niat lillahita’ala ^^ bismillah allahuma yasir walatuatsir. Semoga bermanfaat.

Subhanakarabbi’izzati’ammayasifun wasalamun’alalmursalin walhamdulillahirabbil’alamin.

Madiun, 27 Jumadilawal 1437 H / 7 Maret 2016

About chinue

just simple girl who wanna be happy dunya wal akhiroh, seorang anak dari orang tua yang sangat ingin saya bahagiakan, seorang kakak yang kadang justru manja dengan adiknya, seorang teman, seorang sahabat yang selalu merepotkan, dan seorang hamba Allah yang terus belajar bagaimana menjadi hambaNYA sesuai dengan tuntunannNYA.

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s