Yuk Berhijab!

Standar

Bismillahirrahmanirrahim..

Semoga kita senantiasa dilindungi, dirahmati dan diridhoi Allah SWT.

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata-kata hijab, jilbab, kerudung, khimar. Banyak sekali tulisan-tulisan yang mengajak untuk berhijab, saya disini hanya salah satunya, yang semoga dengan tulisan ini akan ada saudari muslimahku yang belum berhijab terketuk hatinya untuk berhijab, dan menambah timbangan kebaikan aamiin. Saudariku muslimah, hijab itu wajib hukumnya. Allah sendiri yang memerintahkan kita berhijab dalam Al-Quran diantaranya surat An-Nur ayat 31 dan Al-Ahzab ayat 59 yang berbunyi :

An-Nur ayat 31 :

  1. Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau Saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak- budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

 

Al Ahzab ayat 59 :

  1. Hai nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Jadi hukumnya wajib bagi wanita muslim yang sudah baligh, hukum wajibnya sama dengan shalat, puasa ataupun zakat. Jadi yang belum berhijab, tunggu apalagi?? Saya disini hanya sebagai penyampai ayat Allah, untuk hidayah memang kembali ke masing-masing individu. Allah memberi hidayah kepada yang Dia kehendaki, dan menutup hati seseorang yang Dia kehendaki. Semoga kita semua termassuk orang-orang yang diberi hidayah,tapi jangan dilupakan bahwa hidayah itu harus dijemput, tidak hanya ditunggu.

Terkadang alasan seseorang belum berhijab adalah merasa dirinya belum baiklah, jadi tembemlah, gak penteslah, apalah. Padahal diatas sudah dijelaskan hijab itu kewajiban bagi muslimah. Seorang muslimah berhijab memang belum tentu baik, tetapi muslimah yang baik pasti berhijab. Justru dengan hijab itu membuat kita menjaga sikap dan berbuatan kita. Itu perintah Tuhan, masa iya mau ga sholat atau ga puasa wajib karena merasa belum baiklah, belum siaplah atau apalah.

My sister, hijab itu sebagai bentuk kecintaanmu pada Rabbmu dan Rasulmu, bentuk kecintaanmu pada ayah dan saudara laki-lakimu, dan untuk yang sudah menikah sebagai bentuk kecintaanmu pada suamimu. Hijab itu melindungimu, banyak kan eksperimen yang sudah dilakukan berbagai peneliti salah satunya membandingkan seorang wanita tidak memakai hijab dan yang memakai hijab, dimana seorang yang memakai hijab tidak diganggu saat melewati kerumunan berandal-berandal di New York.

Setelah engkau memakai hijab maka sempurnakanlah hijabmu, hijab yang tidak menampakkan lekuk tubuh, hijab yang menutup dada, hijab yang tidak nerawang, hijab yang tidak berlebih-lebihan dan hijab tanpa punuk unta. Sekarang ini banyak model-model hijab yang melilit-lilit, kuntel sana-kuntel sini, ahehe..kalo menurut saya pribadi, saya kurang suka soalnya gak bisa, ribet dan takut tabbaruj. Bayangin aja mau pergi butuh waktu yang lebih lama buat kuntel-kuntel, habis itu kalo tiba waktu sholat, nglepas sm benerin laginya susah. Dulu waktu pertama-tama memakai hijab, saya juga masih memakai hijab yang belum sesuai syariat, tapi lama-kelamaan saya merasa kok lebih nyaman menggunakan hijab yang syar’i. Risih rasanya misal pake celana kelihatan lekuk tubuh, pake jilbab ga nutup dada hingga terlihat lekuk dada. Astaghfirullahal’adzim..

Butuh hidayah memang untuk memakai hijab syar’i, tak semudah membalikkan halam buku. Banyak tantangan yang harus diterima, mulai dari tempat kerja, lingkungan sekitar dan lain-lain. Banyak yang menganggap pake jilbab besar termasuk aliran-aliran fanatik, ada yang menganggap memakai rok itu ribet, ada yang beranggapan berhijab syar’i itu kayak emak-emak dan ga fashionable, secara wanita itu selalu ingin tampil cantik. Tebel-tebelan kuping ajah ahehe, Rasulullah aja pas dakwah dapet hujatan, diludahi, dilempar kotoran samapai mau dibunuh, kalo cuma dicibir atau dinyinyiri mah lewaat.

Jika kalian takut tak akan dapat jodoh jika berhijab atau berhijab syar’i maka kalian salah. Allah telah berjanji di surat An Nur bahwa laki-laki yang baik diperuntukkan untuk perempuan yang baik. Janji Allah itu haqqulyakin pasti.

Saudariku para muslimah yang belum berhijab, yuk kita sama-sama melaksanakan kewajiban berhijab. Dan yang sudah berhijab, yuk kita sama-sama memperbaiki hijab kita dan akhlak kita. Dan untuk yang sudah baik semoga selalu istiqomah aamiin.

Subhanakarabbi’izzati’ammayasifun wasalamun’alalmursalin walhamdulillahirabbil’alamin.

Madiun, 11 Jumadilakhir 1437 H / 21 Maret 2016

About chinue

just simple girl who wanna be happy dunya wal akhiroh, seorang anak dari orang tua yang sangat ingin saya bahagiakan, seorang kakak yang kadang justru manja dengan adiknya, seorang teman, seorang sahabat yang selalu merepotkan, dan seorang hamba Allah yang terus belajar bagaimana menjadi hambaNYA sesuai dengan tuntunannNYA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s